Monday, April 28, 2008

Coral Spawning


My friend asked me to join their coral spawning monitoring that night...

Iya.. kita bisa lihat bagaimana terumbu karang itu memijahkan sel telur dan spermanya dan terjadilah pembuahan diluar. Terumbu karang khan hewan...
Mass spawning diperairan Bintan ini terjadinya hanya 1 tahun sekali, jadi saya bela-belain deh untuk mengamati. Kebetulan sekali, sudah lama tidak snorkling di malam hari.

Selasa, 22 April 2008
Ternyata laut sedang sedikit bergolak, mungkin karena perubahan pasang dan surut.
Tapi karena briefing yang diberikan sebelum kami turun ke laut, kami sedikit mengerti apa yang harus kami cari. Wow.. ternyata... ombak cukup kuat, alhasil saya dan suami mabuk laut..padahal cuman snorkling doang. Tapi memang walaupun rekan saya menginfokan bahwa sudah ada beberapa karang yang siap mengeluarkan sel telurnya, saya hanya bisa melihat beberapa bulatan2 kecil yang sedang diperebutkan oleh ikan2 kecil dan ubur2 kecil. Tiba-tiba ada bulatan pink yang agak besar... wah.. ini dia seperti yang digambar tadi, tapi apakah betul?? Silahkan mencoba melihat sendiri.
Dari kejadian ini, terlihat sekali bagaimana fungsi terumbu karang terhadap mahluk hidup lain, makanya... tolong bantu jaga dia!!!

Picture source: www.gbundersea.com/spawnc.jpg

No comments: